Info Wilayah dan Berita Terkini

Monday, December 10, 2018

Geologi dan Struktur Tanah Kabupaten Jepara


Info Polisi News Kabupaten Jepara merupakan dataran aluvial yang tersusun oleh endapan lumpur yang berasal dari sungai-sungai yang bermuara di pesisir pantai dan terbawa oleh arus sepanjang pantai. Sebaran jenis tanah pada wilayah ini yaitu berupa aluvial hiromorf, regosol coklat, asosiasi mediteran coklat tua dan mediteran coklat, grumosol kelabu  tua,  asosiasi  hidromorf  kelabu,  dan planosol  coklat  keabuan.  Kabupaten Jepara terletak pada lereng Utara dan Barat Gunung Muria.
Daratan Kabupaten Jepara terdapat beberapa jenis tanah, yang dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis tanah sebagai berikut:
   Tanah  Andosol  Coklat. Terdapat  di  perbukitan  dan  puncak Muria  bagian utara Muria dengan luas tanah 3.525.469 Ha, atau 3,51 %.
   Tanah  Regosol.  Terdapat  di  bagian  utara  Kabupaten  Jepara  dengan  luas tanah 2.700,857 Ha atau 2,69 %.
   Tanah  Alluvial.  Terdapat  di  sepanjang  pantai  utara  dengan  luas  tanah

9.126,433 Ha, atau 9,09 %.

   Tanah Asosiasi Mediteran. Terdapat di pantai barat Kabupaten Jepara dengan luas tanah 19.400,458 Ha, atau 19,32 %.
   Tanah Latosol. Jenis tanah ini paling dominan di Kabupaten Jepara terdapat di perbukitan Gunung Muria dengan luas tanah 65.659,972 Ha, atau 65,39%.

Lahan  di  kawasan  Kabupaten  Jepara  cocok  digunakan  untuk  budidaya tambak mengingat kondisi fisik lingkungannya yang  dekat dengan pantai. Selain sebagai budidaya tambak lahan di kawasan Jepara yang datar juga cocok difungsikan untuk perkebunan atau budidaya pertanian ringan khususnya pada kawasan yang berbukit. Lahan di Kabupaten Jepara terdapat banyak kawasan yang merupakan hasil dari pengendapan tanah yang terkena air sunagi atau laut akibat abrasi yang sulit difungsikan dan terkadang berubah menjadi daerah rawa yang hanya bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman tertentu.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Unordered List

 
Chat Room Info Polisi News

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger