Info Wilayah dan Berita Terkini

Monday, December 10, 2018

Geografi Kabupaten Jepara

Peta Geografi Kabupaten Jepara

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Jepara, dengan jarak tempuh ke Ibukota Provinsi (Kota Semarang) sekitar 71 km. Secara geografis Kabupaten Jepara terletak pada posisi 110°9'48,02" sampai  110°58'37,40"  Bujur  Timur,   43'  20,93"  sampai    47'  25,81"  Lintang Selatan. Batas-batas wilayah administratif Kabupaten Jepara adalah sebagai berikut :
   Sebelah Utara    : Laut Jawa

   Sebelah Selatan : Kabupaten Demak

   Sebelah Barat    : Laut Jawa

   Sebelah Timur   : Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati

Kabupaten Jepara meliputi 16 kecamatan, 11 kelurahan, dan 184 desa, RW 1.015
dan 4.766 RT. Kecamatan dengan jarak terdekat dari ibukota kabupaten adalah Kecamatan Tahunan, yaitu 7 km dan yang terjauh adalah Kecamatan Karimunjawa, yaitu 90 km. Luas wilayah Kabupaten Jepara adalah 1.004,132 km2, dengan Kecamatan terluas adalah Kecamatan Keling (123,116 km2), dan yang terkecil adalah Kecamatan Kalinyamatan (23,700 km2). Secara lebih detail, luas dari masing-masing kecamatan dapat dilihat pada Tabel 2.1.


Berdasarkan letak, Kabupaten Jepara dipandang “kurang menguntungkan” karena tidak dilalui oleh Jalur Pantura yang merupakan jalur utama pergerakan distribusi barang dan manusia di Pulau Jawa. Meski demikian, Kabupaten Jepara mempunyai potensi strategis ditinjau dari letak geografis kelautan, terlebih dengan kembali menguatnya paradigma pembangunan yang berbasis kemaritiman. Keunggulan komparatif yang menonjol dari aspek maritim adalah garis pantai sepanjang ±82 km yang sangat potensial untuk pengembangan  pariwisata, salah satunya  adalah  Kawasan  Karimunjawa yang  telah  ditetapkan  sebagai  salah  satu Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN), Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 2025. Selain itu, Kabupaten Jepara juga memiliki daerah perbukitan yang merupakan bagian dari lereng Gunung Muria sehingga potensial untuk pengembangan perkebunan dan kehutanan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Unordered List

 
Chat Room Info Polisi News

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger